CURUG MALELA “Niagara Mini” of Jawa Barat

Tak bisa dipungkiri lagi Indonesia tak hanya memiliki kekayaan budaya yang beragam, tetapi juga keindahan alam yang luar biasa. Berada di kota Bandung membuat Saya tergiur untuk mengeksplorasi daerah-daerah yang memiliki potensi wisata yang cukup bagus.

CURUG MALELA merupakan curug yang berada di kawasan Bandung Barat Jawa Barat. Kata  “Curug” memiliki arti air terjun. Curug ini sangat indah. Curug ini cukup tinggi, mungkin kurang lebih sekitar lebih 50 meter atau lebih. Bentuk curug ini bertingkat-tingkat. Air mengalir begitu derasnya dari atas. Namun perlu perjuangan yang cukup tinggi untuk melihat keindahan air terjun ini.

curug malela jawa barat

Saya dan teman-teman berangkat dari kawasan sekitar bojong soang menuju cimahi kemudian padalarang kemudian ke daerah cililin, lalu masuk ke daerah gunung halu. Dari gunung halu masih ada perjalanan panjang menuju curug.

Jalanan yang buruk membuat perjalanan menjadi agak lama. Bisa dikatakan akses menuju curug ini sangat buruk, karena kita harus melalui jalanan “offroad”.

Tapi jangan berputus asa dulu, karena sepanjang jalan kita akan ditemani oleh panorama yang luar biasa indah. Pegunungan-pegunungan yang berbentuk piramida, hamparan sawah hijau yang menyejukkan mata, hamparan perkebunan teh, serta aliran sungai yang melintasi daerah penduduk. Sama persis ketika kita duduk dibangku sekolah dasar kita menggambar pemandangan gunung dan sawah dengan imajinasi yang indah. Di sana, imajinasi tersebut bukan sekedar bayangan, namun merupakan sebuah gambaran nyata dari imajinasi kita. Selain itu, udara sejuk yang menyelimuti akan semakin membuat kita terpana atas kebesaran-Nya yang maha kuasa atas segalanya. Saya sendiri beserta teman yang saya bonceng tak henti-hentinya mengucap syukur karena melihat keindahan yang luar biasa indah.

Ketika sampai di depan gerbang menuju curug malela, kita masih harus berjalan menelusuri hutan dan jalanan setapak. Perjuangan masih belum berakhir. Karena jalanan terjal dan licin, kita harus hati-hati dalam melangkah.

entri to lokasi malela

Namun semua rasa lelah setelah menempuh kurang lebih 5 jam, akhirnya terbayarkan setelah melihat Curug Malela yang luar biasa indah. Cucuran air tidak hanya dari satu sumber, tapi dari beberapa arah, oleh karenanya curug malela lebih lebar dibandingkan dengan curug biasanya.

Berdasarkan peta topografi, Curug Malela memiliki ketinggian kurang lebih 50 m dan lebar mencapai 70 m. Airnya berasal dari Sungai Ci Curug. Air ini terjun di atas batu breksi dan konglomerat yang sangat keras, berumur Miosen Atas, kira-kira 10 hingga 5 juta tahun. Kesan yang timbul dari kerasnya batuan dapat dilihat dari morfologi batuannya yang memperlihatkan dinding-dinding tegak yang licin. Begitulah rupanya mengapa Niagara kecil ini dinamakan ‘malela’ yang mengambil dari Bahasa Kawi yang berarti ‘baja’ (ayotamasya.com).

Toponimi Curug Malela (baja) juga bersesuaian dengan nama sungainya, Ci Curug, yang berarti ’sungai air terjun’. Hulu Ci Curug berasal dari lereng utara Gunung Kendeng dengan bekas kaldera raksasanya yang berdiameter hampir 15 km. Dari gunung api yang telah mati, yang terletak di sebelah barat Ciwidey, ini mengalir jaringan sungai Cidadap. Cidadap mengalir ke arah barat laut melalui Kecamatan Gununghalu menggerus rangkaian batuan keras yang umumnya berciri produk letusan gunung api tua.

Aliran Cidadap setelah melewati utara Bunijaya, kemudian mengalir sebagai Ci Curug dan memasuki relief sangat terjal di suatu dataran tinggi yang dulu dinamakan Plateau Rongga. Ciri biasa bagi sungai-sungai yang mengalir di atas plateau, pola alirannya terganggu oleh air terjun yang bertingkat-tingkat. Itulah yang terjadi pada aliran Ci Curug. Selain Curug Malela yang terbesar, ke arah hilir terdapat beberapa tingkat air terjun yang dinamakan Curug Katumiri dan Curug Ngebul, sebelum sungai ini bermuara ke Ci Sokan.

(http://intisari-online.com/read/curug-malela-niagara-mini-di-cimahi)

Air dari curug ini cukup dingin dan menyegarkan. Tak ada salahnya anda mencoba membasuh muka anda dengan air tersebut karena akan terasa sangat segar sekali..:D

ayooo berteman dengan alaam🙂

bersama tmn2

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: