BURANGRANG FooD

Saat ini banyak sekali makanan beredar dimasyarakat. Tak hanya masalah teknologi yang berkembang, tapi juga kreatifitas manusia pun semakin meningkat di bidang tata boga. Bagi orang-orang yang senang berwisata kuliner, mungkin tak cukup satu hari untuk mencari berbagai makanan baru hasil kreatifitas manusia dalam satu hari..

hm..

sore itu, iseng nyari pisang goreng menyusuri jalan,eh nyampenya ke jalan burangrang di Bandung…padahal gw am tmn gw berangkat dari dayeuh kolot! jauh amat yah nyari pisang goreng ampe ke jalan burangrang…-,-”

kita lagi nyari pisang goreng yang banyak pasir2nya gitu (pisang yang banyak kriuk2nya ituuu…pokokny gitu deeee..susah dijelaskan dengna kata2..hihi.)

dan saat itu,kita dikagetkan dengan gerobak yang yang menjual makanan jadoel banget bertuliskan kue balok JANDA…

(back to memory ketika gw makan di nasi bancakan,ngeliat kue balok,tpi ga kesampean mau nyoba)

finally,perhatian kita tertuju ksitu, dan akhirnya tertarik untuk membeli jajanan makanan jaman dulu ini…

kue balok

hmm..cobain deh

namanya cukup unik..KUE BALOK SARANG JANDA..penjualnya bilang, JANDA merupakan singkatan dari JAJANAN SUNDA,,jadi maksud dari nama tersebut, di dalam tempat tersebut, terdapat berbagai jenis jajanan sunda,,tempatnya cukup unik. hanya dengan gerobak dan beratapkan terpal,tapi di dalamnya ternyata tak hanya ada kue balok,tapi terdapat jenis kue jadul khas sunda lainnya. seperti sejenis kue wajit,kacang2an,bandrek dan makanan lainnya. memang sepanjang jalan burangrang hanya disinilah terdapat kue balok dan merupakan tempat jajanan makanan tempo doeloe. tertarik datang? tapi bukanya mungkin hanya malam saja. cenderung orang-0rang mulai hunting makanan dari sore menjelang malam.

ternyata cara membuatnya cukup unik..

rasanya c sama saja seperrit kue pukis,namun cara membuatnya adalah dibakar diatas arang yang panas..bagian atas kue pun agar matang,ditimpa dengan arang panas..cukup unik dan cukup merepotkan,,(haha..apalgi abang yang jualnya y!!)

bara api untuk membakar kue balok

 

Sudah lama kue balok ini tidak banyak beredar disekitar masyarakat sunda karena tertutupi dengan berbagai jenis makanan lain yang lebih kreatif  dan inovatif. Banyak sekali kue-keu “aneh” yang ada di kota bandung seiring semakin berkembangnya kreatifitas manusia untuk senantiasa mencari hal-hal baru yang dapat dijadikan peluang mengeruk rejeki. namun tak ada salahnya kan melestarikan makanan-makanan yang jaman dulu pernah ada di Indonesia. cara-cara pembuatan kue yang masih tradisional justru kadang lebih mengundang selera dibandingkan dengan cara pembuatan makanan yang serba instan.

Dijaman era seperti sekarang memang sudah serba instan. Seluruh makanan pun sudah banyak yang serba instan yang banyak mengandung bahan kimia. Tuntutan kegiatan manusia yang semkin sibuk membuat manusia menginginkan yang serba instan yang sebenarnya berbahaya untuk kesehatan. Makanan-makanan tradisional yang cara pembuatannya lebih aman jarang dipilih oleh masyarakat sekarang karena sudah terbukanya gerbang informasi yang begitu lebar.

namun seperti budaya, kita pun tak boleh lekas melupakan makanan yang pernah menjadi makanan keseharian negara kita ini. Karena ternyata untuk jaman sekarang, kue-kue seperti itu tergolong unik dan mungkin memiliki nilai jual yang tinggi jika di eksport ke negara-negara yang berpotensi untuk menyukai makanan tersebut. Kita sebagai bangsa Indonesia harus terus bangga akan kekayaan yang kita miliki,baik dari makanan, budaya, kekayaan alam dan lain sebagainya.

:p

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: