ILMU KOMUNIKASI

ILMU KOMUNIKASI

Pengertian Komunikasi

Hmm…iLmu komunikasi..Kenapa harus dipelajari???…Apa itu Komunikasi?….Apa itu iLmu komunikasi?

Kini banyak sekali universitas-universitas yang membuka jurusan ilmu komunikasi. Bahkan bagi para pegawai yang bekerja di perusahaan besar pun di training cara-cara berkomunikasi. Mengapa kini segalanya memerlukan komunikasi? Sebenarnya seberapa pentingkah komunikasi itu?

Komunikasi merupakan suatu kata yang berasal dari bahasa latin, yakni communis;bersama. Maksud sama disini adalah komunikasi merupakan suatu proses penyampaian pesan dari sumber informasi kepada penerima informasi untuk mencapai suatu pemaknaan yang sama.

Ilmu komunikasi adalah suatu studi mengenai segala proses penyampaian pesan dari seseorang kepada orang lain. Atau secara singkatnya ilmu komunikasi adalah suatu studi yang mempelajari komunikasi.

Mengapa saya masuk Jurusan ilmu Komunikasi?

Ternyata komunikasi tak semudah yang kita kira. Komunikasi sangat berbeda jika dilihat dari latar belakang budaya yang dialami setiap individu. Perbedaan budaya yang saya alami, membuat saya sangat ingin mengetahui mengenai maslah komunikasi lebih dalam lagi.baik maslah komunikasi persona maupun antar individu, antar budaya, maupun lintas budaya. Karena menurut saya, sangat menarik mempelajari bahasa manusia yang sangat berbeda. Saya akan menceritakan pengalaman hidup saya ketika berpindah-pindah rumah karena harus ikut orang tua.

Pengalaman kesalahan komunikasi

Ketika itu sekitar tahun 1992, ayah saya menyelesaikan S3 di negeri kangguru, Australia. Ibu saya, saya, dan kakak saya pun diajak ke negeri tersebut. Ketika itu umur saya masih sekitar 2 tahun. Akhirnya setelah 4 tahun, saya dan keluarga saya pindah lagi ke Indonesia. Dan tak lama kemudian, ibu saya memasukkan saya ke sekolah TK. Dan sejak saat itu, saya merasa heran kepada teman-teman saya di TK tersebut. Sungguh, saat itu selalu saya ingat. Setiap saya berbicara, saya dijauhi, saya tidak ditanggapi. Padahal saya hanya berusaha mencari teman. Saya tidak tahu mengapa mereka begitu terhadap saya. Saya pun lulus TK dan tak begitu banyak teman TK yang saya ingat. Tak disangka ketika saya memasuki bangku SMA, saya bertemu dengan salah satu teman TK saya. Tak disangka ia berbicara kepada teman saya yang lain “ eh tau ga?si cha-cha kan dulu waktu TK ga punya temen” . lalu saya tanggapi “iiiih…ko masih inget sih??lu tau gak knp?beneran, ampe sekarang gw bingung”. Lalu dia menjawab “yaiyalah!lu ngomong pake bahasa yang ga kita ngerti. Masa lu ngomong bahasa inggris ama anak TK. Kan seumuran itu kita ga ngerti “ .

Kasus penyesuaian diri berikutnya terjadi ketika saya pindah ke propinsi Riau. Sebelumnya saya tinggal di kota hujan, Bogor. Ketika itu saya juga menjadi seorang murid baru di salah satu Sekolah Menengah Pertama swasta di salah satu kota di Riau. Ketika telah masuk sekolah, Alhamdulillah saya dapat menyesuaikan diri untuk bergaul dengan orang-orang baru disekitar saya. Namun hanya masalah bahasa saja yang saya kurang pahami. Saat tahun ajaran baru tersebut, jadwal praktikum masih belum jelas lalu ada seorang teman saya bertanya “ Cha, semalam kau ke sekolah? ”, nah otomatis kan saya jawab “ hah? Ga lah! Ngapain ke sekolah malem-malem?”. Saat itu spontan teman-teman saya tertawa. Mengapa? Bagi orang setempat, “semalam” berarti “kemarin”. Pada lain harinya teman saya berkata “Cha, semalam sore aku lewat depan rumah kau lho naek kereta”. Saat itu saya bingung. Kereta? Lalu dia berkata lagi “maaf ya ga sempet mampir soalnya minyaknya udah mau habis “. Saya pun berpikir lagi, minyak?minyak apa?. Lalu saya pun menjawab” kereta?perasaan di depan rumah saya ga ada rel kereta?trus emank kereta pake minyak apa?bukannya pake listrik? “ sungguh, dia langsung tertawa terbahak-bahak. Kemudian esoknya ia bercerita kepada teman-teman saya yang lainnya dan mereka pun tertawa lalu salah satunya berkata “ cha..cha..kau polos kali”. Lalu saya pun menjawab “ kali?emang ada kali apa?” . Saya tak tahu saya yang memang benar bego atau saya memang tidak mengerti, saat itu teman2 saya semuanya langsung tertawa-tawa. Dan sejak saat itu saya mendapat julukan cewe “lugu” , lucu-lucu lugu.

SeJarah Singkat Lmu Komunikasi

Pada awalnya ilmu komunikasi berkembang di dua negara yakni Jerman dan Amerika. Namun, di Jerman awalnya disebut Publisistik dan di Amerika disebut Retorika dan Jurnalistik.

Akibat dari revolusi industry, peranan pers dalam pembentukan pendapat umum banyak menarik perhatian para pemikir. Max Weber (1864-1920) merupakan orang yang pertama kali mengembangkan ilmu pers dengan landasan ilmiah.

iLmu Komunikasi

JERMAN

Publisistik

· Ditujukan untuk public

· Bersifat actual

· Dilakukan dengan cara persuasive

· Didasarkan pada norma dan ideology

· Menggunakan bentuk pesan dan pernyataan yang jelas dan mengesankan

· Digerakkan oleh orang-orang yang mempunyai karakter dan menjiwai misi yang diembannya.

AMERIKA

Jurnalistik

· Journalism sebagai seni

(Benyamin Franklin)

· Journalism sebagai ilmu Sosial

( Robert Lee)

· Journalism sebagai Komunikasi)

(Harold LAsswell)

· Jornalism menjadi ilmu komunikasi

(Wilbur Schramm)

Retorika

· Aristoteles

Semua cara persuasive melalui:

1. Ethos

2. Pathos

3. Logos

· Francis Bacon

Tdak membatasi retorika pada pidato saja, melainkan pada tulisan

· Pengaruh fisafat Amerika yang pregmantis, retorika digeser oleh istialah “Speech”

Mengapa Harus diPelajari??

Lalu mengapa komunikasi harus dipelajari Mengapa kita harus bersusah payah mempelajari sesuatu yang kita lakukan setiap hari? Terbiasa berkomunikasi sebenarnya belum berarti memahami komunikasi. Menurut Porter dan Samovar memahami komunikasi manusia berarti memahami apa yang terjadi selama komunikasi berlangsung, mengapa itu terjadi, akibat-akibat apa yang terjadi, dan akhirnya apa yang dapat kita perbuat untuk mempengaruhi dan memaksimumkan hasil-hasil dari kejadian tersebut.

Meskipun komunikasi menyangkut perilaku manusia, tidak semua perilaku manusia adalah komunikasi. Menurut peace dan Faules, perbedaan tersebut sederhana namun rumit. Menurut mereka terdapat dua bentuk umum tindakan yang dilakukan orang yang terlibat dalam komunikasi, yaitu penciptaan pesan dan penafsiran pesan.

Secara ringkas, komunikasi perlu dipelajari karena:

1. Manusia bersifat Etnosentrik ; Persepsi manusia bersifat subjekti sehingga perlu adanya saling memahami, dan untuk saling memahami itu, manusia perlu cara-cara komunikasi

2. Untuk memenuhi kebutuhan sebagai manusia. Komunikasi efektif bila pesan yang dimaksud tersampaikan

3. Komunikasi itu rumit , dinamis dan terikat oleh budaya

4. Adanya perkembangan dan kemajuan IPTEK menuntut manusia untuk mempelajari komunikasi guna memperoleh informasi.

16 Comments »

  1. Ismail Said:

    Wee….bagus banget bos!!!!!!!!!!

    Excellent

    kunjungin juga ya my blog di http://www.komunikasi.co.nr/
    ato di
    http://simael23.wordpress.com/

    Ditunggu komennya

  2. puanjang buangetttttttt………..
    rajin bener ni mbak aisyahhhh…..
    hehehehe,
    gud,gud,,,,tetaplah rajin anak muda!!!

  3. DieTs Said:

    Wichhhhhhhhh Bgus BanGeT…. kAYA sAlJu BeRtAbUrAn EuWH…
    bAgI22 iLmU Ya…

  4. intan Said:

    cHa-cha,, yang lo tulis menarik buangett, uadah gitu warna nya,, wadoooh,,, pke efek gordeng sgala,,
    tapi,, that”s all baguzz.

  5. tiwi,, Said:

    huyyy,,
    ikom is the bestt,,,
    ikom imt,,,

    okokokok

  6. gegta Said:

    aisyah ,,
    terstruktur bgd say ,,
    oke dee pkoknya ,,

  7. shell Said:

    Kerenzzzzzzzz bgt……..!

    tulisannya sangat menarik perhatian aq…….

    Pa lagi ada salju nya… kepala jadi ademmm….

  8. tegar Said:

    adooohhhhhhh……..

    pinky girl nihhhh….

    hhaaha…..

    mencrang euy…….

    not bad lah……..

  9. melin Said:

    wah..
    cakupan ilmu komunikasi itu luas ya….

  10. chaluchu Said:

    hehehehe nich story nya chacha yach…hehehehe pasti seneng dech tugas nya udh selesai…

    ok,jga story nya cha…

    seeppp terus menulis yach
    inget kata pak chaerudin dosen bhs.indonesia

    POKOK NYA MENULIS

  11. atha Said:

    cerita yang udah berkali – kali saya baca..
    nice post..

  12. Shell Said:

    He..3x!
    Pdahal aq udh 2x baca postingan km yg ini. Tp, aq selalu mrs happy n merasa begitu byk hal yg musti sy ambil dr tulisan km ini.
    Emang kerennzz..!

    • chaluchu Said:

      hahaha..
      klo q slalu happy klo ngliat kmu selalu bersemangat shell..
      ^^
      btw, thx for comennya…
      memotivasi untuk terus menulis…🙂

  13. N_DAH Said:

    Wah kren bgd
    mba q jd tw tntg kmunikasi
    itu membntu q untk lbh smgd memplajri ilmu yg stu ini cz q msh bru
    da yang lain nya ga mba?

    • chaluchu Said:

      yang lain seperti apa y?🙂

      hehe,,komunikasi memang penting bgt dikehidupan kita..
      tanpa komunikasi,dunia ini bisa mati lho..bisa dikatakan komunikasi merupakan rohnya kehidupan..

      mari kita sama2 belajarrr…🙂

      smangat..
      ^-^


{ RSS feed for comments on this post} · { TrackBack URI }

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: